Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Pt. Saekan Bumi Persada
Daftar Isi:
- PT. Saekan Bumi Persada didirikan pada tahun 2012 oleh Bapak Sudarmo yang sampai saat ini menjabat sebagai pemilik perusahaan. PT. Saekan Bumi Persada beralamat di Kompleks Megabrata No.137 RT 003/RW 011 Kelurahan Margasari, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat. PT. Saekan Bumi Persada merupakan perusahaan nasional penyedia jasa konsultan konstruksi yang bergerak dalam bidang Jasa Konsultasi, Penyediaan Jasa Survey, Planning and Design, Project and Management, Research and Development, Survey Equipments Rental, Studi Kelayakan, Perencanaan DED (Detail, Engineer, and Design), Manajemen Kontruksi serta Manajemen Proyek. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Fitra selaku Supervisor Divisi menyatakan bahwa saat ini mengalami kesulitan pada proses rekrutmen dikarenakan karyawan yang diterima tidak sesuai kriteria yang dibutuhkan sehingga akan berdampak pada kinerjanya. Hal ini mengakibatkan Manager Adum dan Supervisor Divisi mengalami kesulitan untuk menentukan calon karyawan mana yang akan diterima, mengingat kekosongan jabatan harus segera diisi. Bapak Fitra juga mengatakan bahwa terdapat kendala dalam proses penilaian yang belum memiliki standar penilaian yang tetap. Kriteria penilian yang sering berubah-ubah sehingga tidak memiliki acuan yang jelas untuk penilaian kinerja karyawan. Adapun metode yang digunakan untuk menentukan penilaian kinerja yaitu AHP (Analytical Hierarchy Process).Selain itu, terdapat pula kendala pada monitoring cuti. Supervisor Divisi mengalami kesulitan untuk menentukan persetujuan cuti apabila ada karyawan yang mengajukan cuti di saat yang bersamaan. Apabila pengajuan cuti ditolak, maka karyawan akan mengajukan kembali pengajuan cuti kepada Supervisor Divisi.Berdasarkan hasil pengujian blackbox dan pengujian beta dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat membantu Manajer Adum dan Supervisor Divisi dalam menangani rekrutmen karyawan, pengambilan keputusan dalam melakukan penilaian kinerja.