Strategi Komunikasi Biro Humas Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia (Studi Deskriptif mengenai Strategi Komunikasi Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam Menyosialisasikan Program Registrasi Ulang Kartu Prabayar Kepada Masyarakat Pengguna Kartu Seluler)
Daftar Isi:
- Maksud penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan Strategi Komunikasi Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam Menyosialisasikan Program Registrasi Ulang Kartu Prabayar Kepada Masyarakat Pengguna Kartu Seluler, peneliti menggunakan subfokus Perencanaan, Tujuan, Pesan dan Media.Metode Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan Studi deskriptif. Informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang, 3 informan kunci dan 3 informan pendukung yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposif Sampling dan teknik Aksidental. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, studi pustaka, internet searching, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, menarik simpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melakukan Perencanaan yang melibatkan Kementerian Dalam Negeri dan Seluruh Humas Operator di Indonesiadengan tahapan rapat kordinasi, sosialisasi kepada masyarakat. Tujuan dari program registrasi ulang kartu prabayar adalah mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan. Pesan yang disampaikan adalah cara melakukan registrasi ulang kartu prabayar. Media yang digunakan adalah TV ,Radio ,Media sosial ,surat kabar. Simpulan Penelitian berdasarkan hasil penelitian bahwa Program registrasi ulang kartu prabayar yang dilakukan Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah mencapi target, sesuai dari hasil jumlah nomor yang berhasil melakukan registrasi ulang dibulan April 2018 sebanyak 328,33 juta nomor kartu prabayar, bisa dikatakan program ini berhasil dilaksanakan karna mencapai target lebih dari 100%, seperti yang diketahui dari data tahun 2018 jumlah penduduk Indonesia adalah 265 Juta jiwa Saran dalam penelitian adalah perencanaan yang telah dilakukan melalui sosialisasi lebih bisa menjangkau daerah terpencil dari kota besar agar sasaran masyarakat mendapatkan informasi yang merata.