Daftar Isi:
  • Jumlah pengguna e-filling masih berada jauh dibandingkan dengan wajib pajak. Kondisi ini mengidintikasikan bahwa wajib pajak yang menilai dimana manfaat dan kemudahan e-Filling masih belum sesuai harapan para pengguna wajib pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan terhadap penggunaan e-Filling dan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan terhadap penggunaan e-Filling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna wajib pajak badan sebanyak 82 wajib pajak. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan random sampling, dengan menggunakan rumus slovin maka jumlah sampel sebesar 69. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Kebermanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan e-filling sebesar 30.4%, Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan e-filling sebesar 22.2%. yang menunjukkan bahwa semakin baik Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan maka akan berdampak pada potensi Penggunaan e-filling yang semakin baik pula