Komunikasi Pemasaran Reclays Di Kota Bandung Melalui Media Sosial Instagram Dalam Menarik Minat Beli Konsumen
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Komunikasi Pemasaran Reclays di Kota Bandung melalui media sosial Instagram dalam Menarik Minat Beli Konsumen. Fokus masalah dalam penelitian ini dibagi peneliti kedalam sub-sub masalah mikro yaitu produk, penetapan harga, kegiatan distribusi, promosi, dan penyampaian pesan dalam Komunikasi Pemasaran Reclays di Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Dalam pemilihan informan menggunakan teknik sampel purposive, dua informan kunci dan tiga informan pendukung. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Hasil penelitian ini, yaitu desain produk yang memakai ilustrasi gambar, hand drawing dan memainkan warna, kemudian jenis produk selalu mengikuti trend, terdapat pula variasi ukuran dan warna. Nilai yang ditawarkan sesuai dengan kualitas produk, harga dari produk Reclays tidak terbilang mahal dan tidak juga murah, harga produk terjangkau. Promosi, terbagi menjadi tiga yaitu iklan, sales promotion, dan influencer marketing Distribusi, Instagram Reclays menjelaskan bagaimana proses pemesanan, cara pemesanan dan waktu distribusi, kemudian Reclays. Penyampaian pesan, yaitu bersifat informatif dan persuasif. Inferensi yang didapatkan, Produk yang ditawarkan oleh Reclays yaitu selalu mengeluarkan desain terbaru menggunakan cara hand drawing dan ilustrasi, kemudian jenis produk mengikuti trend. Promosi menggunakan iklan,sales promotion dan influencer marketing. Penyampaian Pesan dilakukan secara informatif dan persuasif. Simpulan dari penelitian ini yaitu produk Reclays mengikuti perkembangan trend, desain produk yang digunakan Reclays dilakukan dengan menggunakan ilustrasi gambar di setiap desainnya dan menggunakan hand drawing. Reclays tidak menetapkan perbedaan harga yang ada di media sosial Instagram dengan yang ada di offstore. Konsumen juga dapat menghemat waktu dan tempat karena tidak perlu membeli langsung ke offstore Reclays. Reclays melalukan promosi melalui iklan yaitu dengan instastory dan foto. Penyampaian pesan yang dilakukan Reclays terhadap konsumennya dilakukan dengan menggunakan teknik informatif dan persuasif. Saran memberikan caption Indonesia pada foto produk Instagram Reclays karena Reclays merupakan brand clothing Indonesia. Saran selanjutnya Reclays memberikan tagline #RepresentYourselfDifferently pada setiap foto produk di Instagram.