Perancangan Informasi Permainan Tradisional Bancakan Melalui Media Komik Digital Webtoon
ctrlnum |
3005 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/</relation><title>Perancangan Informasi Permainan Tradisional Bancakan Melalui Media Komik Digital Webtoon</title><creator>Nurfatah, Mochammad Iqbal</creator><subject>740_Drawing & Decorative Arts.</subject><description>Perancangan ini tentang permainan tradisional Bancakan, seperti yang diketahui bahwa Bancakan merupakan permainan tradisional khas Jawa Barat atau lebih tepatnya permainan tradisional khas Sunda. Perancangan ini bertujuan untuk menginformasikan tentang permainan tradisional Bancakan agar lebih mudah di dapat oleh masyarakat, khususnya generasi Z dan Alpha. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan eksperimen. Hasil dari perancangan ini adalah membuat media yang tepat untuk menginformasikan permainan tradisional Bancakan yaitu komik digital Webtoon, sehingga masyarakat pun khususnya generasi Z dan Alpha mengetahui dan akhirnya berkeinginan untuk bermain bahkan menurunkan permainan tradisional Bancakan ke generasi selanjutnya. Kesimpulan dari perancangan ini adalah permainan tradisional Bancakan merupakan warisan budaya yang harus tetap diketahui keberadaan nya, dan terus di turunkan ke generasi selanjutnya karena selain bermanfaat, permainan tradisional Bancakan pun mempunyai nilai tradisional yang tidak boleh sampai terlupakan.</description><date>2020-02-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/1/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_01%2C%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/2/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_02%20Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/3/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_14.%20Surat%20Keterangan%20Persetujuan%20Publikasi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/4/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_03%20Lembar%20Pernyataan%20Orisinalitas.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/5/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_04%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/6/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_06%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/7/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_08%20BAB%20I%20Pendahuluan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/8/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_09%20BAB%20II%20Tinjauan%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/9/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_10%20BAB%20III%20%20STRATEGI%20PERANCANGAN%20DAN%20KONSEP%20DESAIN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/10/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_11%20BAB%20IV%20MEDIA%20DAN%20TEKNIS%20PRODUKSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/11/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_12%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nurfatah, Mochammad Iqbal (2020) Perancangan Informasi Permainan Tradisional Bancakan Melalui Media Komik Digital Webtoon. Other thesis, Universitas Komputer Indonesia. </identifier><relation>http://elibrary.unikom.ac.id</relation><recordID>3005</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Journal:eArticle Journal |
author |
Nurfatah, Mochammad Iqbal |
title |
Perancangan Informasi Permainan Tradisional Bancakan Melalui Media Komik Digital Webtoon |
publishDate |
2020 |
topic |
740_Drawing & Decorative Arts |
url |
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/1/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_01%2C%20Cover.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/2/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_02%20Lembar%20Pengesahan.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/3/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_14.%20Surat%20Keterangan%20Persetujuan%20Publikasi.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/4/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_03%20Lembar%20Pernyataan%20Orisinalitas.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/5/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_04%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/6/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_06%20Daftar%20Isi.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/7/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_08%20BAB%20I%20Pendahuluan.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/8/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_09%20BAB%20II%20Tinjauan%20Pustaka.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/9/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_10%20BAB%20III%20%20STRATEGI%20PERANCANGAN%20DAN%20KONSEP%20DESAIN.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/10/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_11%20BAB%20IV%20MEDIA%20DAN%20TEKNIS%20PRODUKSI.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/11/UNIKOM_Mochammad%20Iqbal%20Nurfatah_12%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3005/ http://elibrary.unikom.ac.id |
contents |
Perancangan ini tentang permainan tradisional Bancakan, seperti yang diketahui bahwa Bancakan merupakan permainan tradisional khas Jawa Barat atau lebih tepatnya permainan tradisional khas Sunda. Perancangan ini bertujuan untuk menginformasikan tentang permainan tradisional Bancakan agar lebih mudah di dapat oleh masyarakat, khususnya generasi Z dan Alpha. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan eksperimen. Hasil dari perancangan ini adalah membuat media yang tepat untuk menginformasikan permainan tradisional Bancakan yaitu komik digital Webtoon, sehingga masyarakat pun khususnya generasi Z dan Alpha mengetahui dan akhirnya berkeinginan untuk bermain bahkan menurunkan permainan tradisional Bancakan ke generasi selanjutnya. Kesimpulan dari perancangan ini adalah permainan tradisional Bancakan merupakan warisan budaya yang harus tetap diketahui keberadaan nya, dan terus di turunkan ke generasi selanjutnya karena selain bermanfaat, permainan tradisional Bancakan pun mempunyai nilai tradisional yang tidak boleh sampai terlupakan. |
id |
IOS7445.3005 |
institution |
Universitas Komputer Indonesia |
institution_id |
294 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNIKOM |
library_id |
268 |
collection |
Koleksi Digital Perpustakaan UNIKOM |
repository_id |
7445 |
subject_area |
Technology, Applied Sciences/Teknologi, Ilmu Terapan Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan Art Apreciation/Apresiasi Seni |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7445 |
first_indexed |
2020-12-19T20:01:31Z |
last_indexed |
2020-12-19T20:01:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686538299218329600 |
score |
17.538404 |