Penerapan Konsep Gamifikasi Pada Pembangunan Aplikasi Daily Visit Report (Studi Kasus Pt Tiki Jne Bandung)

Main Author: Mubarok, Farhan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/1/1.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/2/19.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/3/17.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_SURAT%20KETERANGAN%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/4/20.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_SURAT%20KETERANGAN%20ORISINALITAS.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/5/4.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/6/5.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/7/11.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_BAB%201.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/8/12.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_BAB%202.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/9/13.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_BAB%203.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/10/14.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_BAB%204.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/11/15.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_BAB%205.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/12/10.%2010115483_FARHAN%20MUBAROK_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2950/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • PT. TIKI JNE Bandung merupakan perusahaan pengiriman terbesar di Indonesia. Terdapat banyak cabang di Indonesia yang salah satunya adalah JNE kantor perwakilan Naripan Bandung. Dalam pemanfaatan Daily Activity Sales PT. TIKI JNE Bandung mengadakan agenda komunikasi terhadap pelanggan secara langsung membahas kerjasama antar pelanggan dengan pelayanan yang ada di PT. TIKI JNE Bandung. Account Executive merupakan jabatan yang bertanggung jawab dalam kegiatan Daily Activity Sales atau Daily Visit. Namun tidak jarang, Account Executive melakukan reschedule kunjungan, dan memalsukan kehadiran kunjungan yang mengakibatkan pihak PT. TIKI JNE Bandung menerima banyak keluhan dari pelanggan. Hal tersebut disebabkan oleh pihak Account Executive Unit Head yang tidak memiliki media untuk memantau kegiatan Account Executive. Terdapat salah satu cara untuk meningkatkan employee engagement yaitu dengan menerapkan konsep gamifikasi. Gamifikasi merupakan penerapan cara kerja game pada kegiatan yang bersifat non-game. Penerapan game mechanics digunakan sebagai bentuk penghargaan kepada Account Executive yang telah menyelesaikan Daily Visit sesuai target atau bahkan lebih dari yang ditentukan dan sebagai pemicu timbulnya rasa kompetitif antar Account Executive yang ingin bersaing untuk menempati ranking teratas. Dapat disimpulkan bahwa dibutuhkannya sebuah aplikasi yang dapat membantu kegiatan Daily Visit dengan penerapan gamifikasi di PT. TIKI JNE Bandung.