Implementasi Algoritma Harmony Search Pada Npc Dalam Game War-Tank

Main Author: Dwitama, Ary Villanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/1/1.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/2/19.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/3/17.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_SURAT%20KETERANGAN%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/4/20.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_SURAT%20KETERANGAN%20ORISINALITAS.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/5/4.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/6/5.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/7/11.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_BAB%201.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/8/12.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_BAB%202.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/9/13.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_BAB%203.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/10/14.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_BAB%204.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/11/15.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_BAB%205.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/12/10.%2010115280_ARY%20VILLANDA%20DWITAMA_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2941/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Game War-Tank ini terdapat beberapa tank musuh tetapi memiliki pola perilaku serangan yang hampir sama pada setiap tank dikarenakan game tersebut belum menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, dan NPC tidak dapat mencari Base dengan cepat. Oleh karena itu, musuh harus dilengkapi dengan AI (Artificial Intelligence) untuk menemukan tank pemain. Beberapa penelitian tentang perilaku NPC yang telah dilakukan, diantaranya adalah optimisasi strategi menyerang. Pada penelitian ini, dilakukan uji coba algoritma optimisasi yaitu Algoritma Harmony Search untuk menghasilkan daftar penugasan bagi NPC. Penerapan algoritma pada permainan War-Tank sendiri yaitu dengan mencari langkah optimal untuk pencarian rute. Penelitian ini dibangun untuk mengetahui kinerja algoritma Harmony Search dalam menghasilkan langkah yang optimal. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan pula bahwa Algoritma harmony search berhasil menemukan solusi dengan langkah yang didapat yaitu 29 langkah/kotak. Dan penerapan algoritma harmony search pada NPC menyerang Base memiliki waktu komputasi yaitu 20 detik.