Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Website Aesthetic.Co.Id

Main Author: Mubarak, Alfitra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/1/1.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/2/18.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/3/16.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_SURAT%20KETERANGAN%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/4/19.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_SURAT%20PERNYATAAN%20ORISINALITAS.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/5/4.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/6/5.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/7/11.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_BAB%201.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/8/12.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_BAB%202.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/9/13.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_BAB%203.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/10/14.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_BAB%204.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/11/10.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_BAB%205.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/12/9.%2010115475_ALFITRA%20MUBARAK_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2935/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Klinik kecantikan Aesthetic Bluepin merupakan terobosan ide usaha di bidang kecantikan yang berbentuk PT.Bluepin Indonesia Perkasa. Website aesthetic ini sudah lama tidak di evaluasi, baik dari isi konten, fungsionalitas maupun tampilan menjadi faktor yang menyebabkan pengguna mengeluh dan merasa kebingungan ketika ingin mencari produk dan informasi. Masalah yang paling banyak dikeluhkan pengguna yaitu saat ingin mencari produk, pengguna membutuhkan berfikir untuk dapat menemukannya, sehingga memakan waktu dan menyebabkan pengguna frustasi lalu meninggalkannya dan lebih memilih belanja langsung di offline store. Dari semua perancangan pihak pengembang tidak melibatkan proses yang sangat penting yaitu keterlibatan pengguna. Metode yang dipakai dalam perancangan ini adalah metode User Centered Design. Data pendukung penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, usability testing dan studi literatur. Berdasarkan pengujian website diawal dengan menggunakan usability testing didapatkan hasil pada aspek Learnability 40%, Efficiency 33,33%, Memorability 60%, Errors 100%, Satisfaction 70%. Setelah melakukan analisis terhadap masalah yang dialami pengguna dengan menggunakan mental model, user persona, Journey Map, task analysis, scenario maka langkah selanjutnya melakukan perancangan ulang website. Setelah website berhasil dirancang maka dilakukan kembali usability testing dan memiliki nilai keberhasilan seluruhnya yaitu 100%.