Aplikasi Game Simulasi Jaring-Jaring Makanan Pada Ekosistem Mangrove Berbasis Android Di Kabupaten Indramayu

Main Author: Lakaselindra, Mochamad Indra Yudha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/1/1.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/2/19.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/3/17.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_SURAT%20KETERANGAN%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/4/20.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_SURAT%20KETERANGAN%20ORISINALITAS.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/5/4.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/6/5.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/7/11.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_BAB%201.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/8/12.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_BAB%202.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/9/13.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_BAB%203.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/10/14.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_BAB%204.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/11/15.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_BAB%205.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/12/10.%2010115496_MOCHAMAD%20INDRA%20YUDHA%20LAKASELINDRA_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2915/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Kabupaten Indramayu adalah salah satu kabupaten di provinsi jawa barat yang terletak pada pesisir pantai. Kabupaten Indramayu saat ini sudah membuat kurikulum mangrove yang bertujuan untuk melestarikan mangrove yang ada pada pesisir pantai Indramayu. Namun kendala yang ada pada kurikulum mangrove adalah media pembelajaran yang kurang untuk murid sekolah dasar, karena dalam pengajaran simulasi jaring-jaring makanan masih menggunakan media manual untuk mensimulasikanya. Dalam pengembangan game GoMangrove menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan tujuan aplikasi yang dikembangkan dapat membantu guru mengajarkam materi jaring-jaring makanan yang ada pada ekosistem mangrove dan memberikan pembelajaran jaring-jaring makanan ekosistem mangrove kepada murid agar lebih menyenangkan. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh data sebagai berikut, 81,14% sangat setuju aplikasi dapat membantu dalam pelajaran maupun di luar pelajaran, 84% sangat setuju aplikasi mudah digunakan, 78,86% setuju materi sesuai dengan buku yang digunakan, 80% setuju latihan sesuai dengan buku yang ada, 79,43% setuju simulasi game jaring-jaring makanan dapat dipahami dengan mudah, dan 78,29% setuju aplikasi dapat menjadi media pembelajaran interaktif selain buku yang ada di sekolah.