Sistem Informasi Customer Relationship Management Untuk Strategi Promosi Di Pt. Multi Instrumentasi
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di PT Multi Instrumentasi, berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Bagian Pemasaran kondisi yang terjadi saat ini ketika melakukan promosi perusahaan memakai berbagai jenis promosi diantaranya yaitu media iklan, promosi penjualan, penjualan pribadi, publisitas dan pemasaran langsung. Pada saat ini perusahaan merasa kesulitan untuk menentukan jenis promosi yang diminati pelanggan tetapi berpengaruh juga terhadap volume penjualan. Dari berbagai jenis promosi yang dilakukan perusahaan mengeluarkan biaya promosi cukup besar sedangkan pendapatan keuntungan yang didapatkan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Dengan menerapkan konsep Customer Relationship Management khususnya untuk strategi promosi, perusahaan dapat menarik pelanggan baru. Bauran Promosi merupakan kombinasi dari variabel-variabel periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, publisitas, pemasaran langsung yang dilakukan perusahaan dalam upaya menginformasikan produk kepada pelanggan, sehingga para pelanggan termotivasi untuk melakukan pembelian. Berdasarkan hasil pengujian yang didapat dari penelitian yang dilakukan dalam penyusunan tugas akhir ini serta mengacu pada tujuan penelitian yang telah dibuat, maka disimpulkan bahwa Sistem Informasi Customer Relationship Management ini dapat membantu Kepala Bagian Pemasaran dalam merekomendasikan jenis promosi yang tepat dan dapat berpengaruh terhadap penjualan.