Pembangunan Virtual Asisten Sebagai Media Informasi Ekowisata Dan Wali Pohon Di Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi
Daftar Isi:
- Ekowisata adalah perjalanan wisata ke kawasan konservasi yang didalamnya terdapat aspek meningkatkan kesejahteraan warga setempat dan pendidikan lingkungan hidup . Permasalahan yang terjadi adalah pengelola kesulitan dalam melakukan penyampaian informasi kegiatan ekowisata, fasilitas ekowisata, dan melakukan manajemen reservasi ekowisata. Selain itu, pengunjung tidak mengetahui kegiatan ekowisata, tidak mengetahui fasilitas ekowisata, dan ingin melakukan reservasi secara online. Berdasarkan permasalahan yang ada penulis memutuskan untuk menggunakan chatbot sebagai media informasi ekowisata agar dapat digunakan oleh pengunjung untuk melakukan pencarian informasi ekowisata di TBMK. Tujuan dari penelitian ini adalah memudahkan pengelola dalam memberikan informasi kegiatan ekowisata, fasilitas ekowisata, dan melakukan manajemen reservasi ekowisata. Selain itu, memudahkan pengunjung untuk mencari informasi kegiatan ekowisata, fasilitas ekowisata dan reservasi ekowisata secara online. Metode yang digunakan untuk pendekatan forward chaining yang digunakan untuk memberikan alur percakapan yang dilakukan antara pengunjung dan Bot, sedangkan jaro-winkler digunakan untuk mengatasi kesalahan ketik dan singkatan keyword. Pada aplikasi ini juga menggunakan metode text mining untuk percakapan dalam bahasa Indonesia. Pengujian dilakukan terhadap pengunjung yang didapatkan hasil yakni 86% pengunjung setuju aplikasi dapat membantu dalam mencari informasi ekowisata, 84% pengunjung setuju aplikasi dapat mudah untuk digunakan, 84% pengunjung setuju chatbot mendukung untuk aktifitas promosi ekowisata, dan 81% pengunjung setuju chatbot menjadi alat pelayanan yang responsif dan efisien.