Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Jepang Guna Persiapan Jlpt N5 Di Sma Pasundan 8 Bandung Berbasis Android
Daftar Isi:
- Bahasa Jepang saat ini telah menjadi salah satu bahasa yang digunakan sekolah umum tingkat SMA sebagai muatan lokal. JLPT (Japanese Language Proficiency Test) merupakan tes kemampuan berbahasa Jepang bagi penutur asing yang memiliki beberapa tingkatan kesulitan dengan N5 sebagai tingkat terendah. Siswa SMA Pasundan 8 Bandung kelas XI Unggulan dipersiapkan untuk mengikuti tes JLPT N5 namun menghadapi kesulitan dalam mempersiapkan diri diantara penyebabnya ialah keterbatasan waktu guru dalam menyampaikan materi yakni 1 jam pelajaran / minggu yang berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan serta tidak adanya simulasi tes jlpt n5 sebagai latihan. Metode penelitian yang digunakan untuk membangun aplikasi ialah metode deskriptif dengan metode pembangunan MDLC (Multimedia Life Cycle). Metode Computer Assisted Instruction (CAI) yaitu metode pembelajaran berbantuan komputer dengan konsep tutorial dan drill and practice. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur , observasi terhadap tempat penelitian, wawancara terhadap guru bahasa jepang, serta kuisioner yang dibagikan terhadap siswa unggulan kelas 11. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan didapatkan hasil 91.28% siswa merasa aplikasi yang dibangun membantu dalam persiapan JLPT N5 , 92.31% siswa setuju materi yang tersedia sesuai dengan materi yang diberikan , dan 93.85% membantu dalam memahami bahasa Jepang.