Daftar Isi:
  • Penenelitian ini bertujuan untuk memaparkan pemanfaatan teknologi Augmented Reality sebagai media untuk membantu para pengunjung dalam mengetahui lokasi objek wisata yang berada di Kebun Raya Bogor. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data yang diambil di Kebun Raya Bogor dengan cara kuesioner terhadap pengunjung, wawancara terhadap pengelola Kebun Raya Bogor, observasi dan studi literatur yang mendukung teori penyelesaian masalah. Masalah yang muncul dengan luasnya lokasi objek wisata yang terdapat di Kebun Raya Bogor salah satunya yaitu posisi lokasi objek wisata yang akan dituju oleh pengunjung. Banyak pengunjung khususnya yang baru mengunjungi Kebun Raya Bogor merasa kesulitan dalam mencari lokasi objek wisata yang berada di Kebun Raya Bogor. Salah satu solusi untuk membantu pengunjung dalam mencari lokasi objek wisata yang terdapat di Kebun Raya Bogor yaitu dengan cara menerapkan teknologi Augmented Reality dengan menggunakan metode markerless berdasarkan lokasi dengan GPS based tracking. Berdasarkan hasil kuesioner kepada pengunjung, dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi yang dibangun sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti aplikasi ini dapat membantu pengunjung dalam mencari lokasi objek wisata yang berada di Kebun Raya Bogor.