Rancang Bangun Aplikasi Penyedia Informasi Layanan Imunicare Pada Pt Bio Farma (Persero) Menggunakan Chatbot

Main Author: Fadhillah, Rizqy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/1/1.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/2/19.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/3/17.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_SURAT%20KETERANGAN%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/4/20.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_SURAT%20KETERANGAN%20ORISINALITAS.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/5/4.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/6/5.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/7/11.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_BAB%201.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/8/12.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_BAB%202.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/9/13.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_BAB%203.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/10/14.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_BAB%204.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/11/15.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_BAB%205.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/12/10.10115337_RIZQY%20FADHILLAH_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2718/
https://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Imunicare merupakan bagian dari pratama Bio Farma yang memberikan pelayanan kesehatan terpercaya melalui pelayanan vaksinasi. Imunicare menggunakan media informasi seperti sosial media, whatsapp, website dll untuk menyampaikan informasi mengenai pelanan vaksinasi yang mereka miliki. Permasalahan yang terjadi saat ini pada Imunicare Bio Farma adalah adanya terlambatan dalam penyampaian informasi kepada pelanggan pada media informasi yang lain seperti whatsapp dan lain-lain. Chatbot merupakan layanan tanya jawab robot atau tokoh virtual yang memiliki kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang dapat menirukan percakapan manusia melalui obrolan teks. Chatbot dapat membantu komputer dan manusia dalam berinteraksi dan mereka dapat memiliki kemampuan untuk menguji dan mempengaruhi pengguna. Berdasarkan permasalahan yang ada penulis memutuskan untuk menggunakan chatbot sebagai penyedia informasi seputar layanan Imunicare serta memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pelayanan tanya jawab informasi seputar layanan Imunicare PT Bio Farma (Persero). Metode yang digunakan untuk pendekatan Natural Language Processing adalah metode Text Mining. Text Mining digunakan untuk mendapatkan kata kunci (keyword), sehingga jawaban yang diperoleh berdasarkan keyword (kata kunci). Adapun hasil dari pengujian terhadap sistem yang telah dibangun menggunakan black box dan pengujian beta maka dapat disimpulkan bahwa chatbot ini dapat menyediakan informasi seputar layanan Imunicare.