Pembangunan Aplikasi My Job (First Mile Delivery) Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir

Main Author: Fauzan, Mohammad Irsyad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/1/1_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/2/19_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/3/17_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_SURAT%20KETERANGAN%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/4/20_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_SURAT%20KETERANGAN%20ORISIONALITAS.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/5/4_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/6/5_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/7/11_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_BAB%201.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/8/12_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_BAB%202.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/9/14_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_BAB%204.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/10/15_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_BAB%205.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/11/10_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/12/10_10115309_MOHAMMAD%20IRSYAD%20FAUZAN_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2694/
https://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Seiring pesatnya perkembangan teknologi saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan teknologi untuk mengembangkan dan mempermudah proses bisnis. JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman di Indonesia yang sudah memanfaatkan teknologi dalam menunjang layanannya, namun belum dalam semua aspek. Saat ini, untuk melakukan pengiriman di JNE pelanggan harus datang langsung ke gerai penjualan JNE. Kondisi tersebut dirasakan kurang memberikan kemudahan bagi para pelanggan karena akan ada waktu dan biaya yang harus mereka keluarkan untuk datang ke gerai JNE. Selain itu dari sisi pengiriman dalam kota, pengiriman yang seharusnya dapat dilakukan di hari yang sama rata-rata estimasi waktu yang dibutuhkan 1 sampai dengan 2 hari kerja. Masalah lain yang ada di JNE adalah solusi layanan dari sisi first mile delivery, di mana JNE belum mempunyai aplikasi pendukung yang dapat menghubungkan pelanggan dengan gerai penjualan JNE di sekitar mereka. Dari beberapa masalah di atas, salah satu upaya yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan membuat aplikasi langsung delivery yang bertujuan untuk memudahkan dan meningkatkan kecepatan pengiriman. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi My JOB yang dibangun dapat menjadi sarana untuk melakukan pengiriman langsung dalam kota dan dapat mempermudah dalam melakukan pengiriman serta mempercepat SLA pengiriman dalam kota.