Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian adalah untuk menerapkan pembangunan media pembelajaran matematika interaktif khususnya materi lingkaran dan akar pangkat menggunakan metode Problem Based Instruction (PBI) di kelas 6 SD EAGLE Bandung, Jawa Barat. Tahapan penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari studi literatur, observasi, wawancara, dan kuisioner. Pembangunan perangkat lunak menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle Luther Sutopo. Dengan menggunakan metode Problem Based Instruction diharapkan siswa akan lebih mudah memahami materi pelajaran dan lebih mudah dalam menjawab soal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya aplikasi ini siswa merasa terbantu dalam memahami materi dan mengerjakan soal matematika materi lingkaran dan akar pangkat. Baiknya penelitian ini adalah membantu siswa dengan adanya media pembelajaran yang membuat siswa merasa tertarik. Kekurangan penelitian ini adalah masih berupa 2 dimensi dan tidak online sehingga siswa tidak dapat mempelajari aplikasi ini dirumah. Dampak dari adanya penelitian ini, guru dipermudah dalam menilai siswa dan siswa pun dipermudah dalam mengerjakan soal matematika.