Visualisasi Data Sentimen Terhadap Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat Di Jabar Digital Service

Main Author: Rizki, Danis Alifian Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/1/1.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/2/19.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/3/17.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_SURAT%20KETERANGAN%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/4/20.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_SURAT%20KETERANGAN%20ORISINALITAS.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/5/4.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/6/5.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/7/11.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_BAB%201.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/8/12.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_BAB%202.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/9/13.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_BAB%203.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/10/14.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_BAB%204.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/11/15.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_BAB%205.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/12/10.10115352_DANIS%20ALIFIAN%20NUR%20RIZKI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2658/
https://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Jabar Digital Service (JDS) adalah sebuah inisiatif teknologi informasi di bawah Gubernur Jawa Barat untuk menggunakan teknologi terbaru yang dapat membantu efisiensi tata kelola pemerintahan, pengambilan kebijakan, akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan pengembangan layanan publik yang inovatif dan responsif. Sebagai salah satu instansi yang membantu pemerintah provinsi Jawa Barat dalam membangun provinsi Jawa Barat berdasarkan data, aspirasi atau aduan yang merupakan salah satu bentuk umpan balik (feedback) dapat digunakan untuk membantu pengambilan keputusan atau penyusunan kebijakan pembangunan provinsi Jawa Barat. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengolah pendapat publik adalah analisis sentimen. Akan tetapi penyajian informasi dari hasil analisis sentimen dinilai masih belum dapat memberikan informasi atau insight yang jelas. Akibatnya kepala dinas pemerintah provinsi Jawa Barat atau pembaca kesulitan untuk memahami informasi yang terkandung didalamnya, yang berdampak pada kebijakan yang dibuat kurang strategis ataupun tidak tepat sasaran. Maka dari itu cara yang efektif untuk menyajikan data agar mudah diterima adalah dengan cara abstraksi menjadi informasi visual. Analisis visualisasi data pada domain analisis sentimen dapat membantu pemerintah provinsi Jawa Barat dalam mendapatkan informasi atau insight yang lebih dari hasil analisis sentimen. Dari informasi yang telah dipahami dapat digunakan sebagai pengambilan kebijakan publik guna memperbaiki sektor pembangunan Jawa Barat.