Analisis Kansei Menggunakan AHP dan TOPSIS dalam Pemilihan IT Helpdesk
Daftar Isi:
- Helpdesk merupakan bagian dari perusahan yang terdapat pada suatu departemen atau unit layanan yang memberikan layanan berupa informasi kepada penggunanya terkait dengan produk atau layanan yang lebih terperinci. Untuk saat ini ada beberapa rekomendasi pilihan untuk helpdesk yang dapat melayani dengan baik. Maka dari itu dalam menentukan pengambilan keputusan untuk memilih helpdesk tidak hanya mengutamakan pengambilan keputusan secara objektif atau berdasarkan pada spesifikasi saja, namun ada aspek-aspek penting lainnya dalam menentukannya yaitu perasaan. Kansei Engineering merupakan rekayasa aspek emosional dalam desain antarmuka yang didasarkan pada disiplin ilmu matematika, statistik, psikologi dan rekayasa. Kansei merupakan sebuah metode untuk menerjemahkan perasaan, emosi dan kesan ke dalam parameter produk. Dengan menerapkan Kansei pada pembangunan sistem pendukung keputusan, tentunya dibutuhkan metode pengdukung keputusan. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode AHP digunakan dalam pembobotan kriteria dan alternatifnya sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk menentukan kedekatan jarak antara suatu alternatif dengan solusi optimal. Solusi ideal positif dan solusi ideal negatif merupakan jumlah dari seluruh nilai terbaik dan terburuk yang dicapai untuk setiap atribut yang mana dengan mempertimbangkan keduanya untuk menentukan pemilihan alternatif terbaik. Dalam penelitian ini menghasilkan rekomendasi alternatif terbaik dengan kriteria-kriteria yang mempengaruhinya dari hasil kombinasi AHP dan TOPSIS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menghasilkan pemilihan helpdesk dengan bobot tertinggi dan juga mendapatkan rangking teratas yaitu jatuh pada alternatif C-Desk dan dipengaruhi oleh kriteria klasik sebagai faktor utamanya.