Daftar Isi:
  • Hobi berkendara sepeda motor tumbuh pesat dan menjadi gaya hidup masyarakat, baik membentuk suatu kelompok komunitas sepeda motor ataupun individu. Namun hobi berkendara sepeda motor ini rawan terjadi kecelakaan, baik yang mengakibatkan korban jiwa atau kecelakaan ringan. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat suatu sistem yang dapat memberikan informasi kondisi pengendara secara cepat kepada pihak keamanan (Kepolisian) beserta posisi pengendara tersebut dan menjadi sistem yang mendukung keamanan pengendara. Penelitian ini dilakukan dengan maksud pengembangan pada sistem pendukung keamanan yang sebelumnya telah ada. Pengembangan berfokus pada metode yang digunakan dalam mengambil keputusan kecelakaan. Jika penelitian sebelumnya menggunakan metode logika Boolean sebagai keputusan kecelakaan, maka pada penelitian ini menggunakan metode logika fuzzy. Hasil akhir setelah dilakukan pengujian adalah 77,7%, dengan demikian logika fuzzy dapat menjadi salah satu metode keputusan kecelakaan pada sistem pendukung keselamatan berkendara.