Penerapan Chatbot Pada Smart Home Menggunakan Natural Language Processing
Daftar Isi:
- Seiring dengan berkembangnya tren teknologi Smart Home berbanding lurus dengan kemunculan berbagai aplikasi sebagai media akses. Saat ini, masih banyak ditemukan aplikasi Smart Home yang belum menggunakan konsep human machine interaction (HMI). Permasalahan yang sering muncul dalam interaksi antara manusia dengan mesin adalah manusia harus mengerti apa yang diinginkan oleh mesin sehingga sering terjadi salah persepsi manusia terhadap sistem yang ada. Hasilnya tidak efektif dan efisien karena sistem dianggap terlalu rumit, tidak mudah digunakan dan dipelajari, sehingga pengguna kesulitan dalam menggunakan sistem. Sebagai solusi maka digunakan konsep HMI menggunakan interaksi natural language melalui aplikasi chatbot sebagai media interaktif untuk melakukan pengendalian dan pemantauan perangkat Smart Home. Aplikasi chatbot ini menggunakan proses pengenalan teks Natural Language Processing (NLP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengendalikan berbagai perangkat yang ada di Smart Home melalui interaksi natural language serta menganalisis kinerja dari metode NLP. Masukan pengguna akan diproses menggunakan metode NLP. Respon yang dihasilkan merupakan pencocokan istilah token pada knowledge base dengan menggunakan proses pengenalan teks. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat digunakan sebagai sarana media interaktif untuk pengendalian dan pemantauan perangkat Smart Home dengan persentase keberhasilan chatbot sebesar 93,3% di mana hasil yang diperoleh dari respon chatbot tergantung pada kelengkapan token.