Sistem Pakar Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengidentifikasi Masalah Pada Siswa di SMA Negeri 7 Bandung
Daftar Isi:
- Umumnya, layanan Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah dikenal sebagai tempat di hukumnya siswa yang bermasalah saja. Padahal, tujuan utama layanan ini adalah untuk memberikan layanan bimbingan dan arahan terhadap semua siswa baik yang memiliki masalah atau yang berprestasi sehingga bisa memahami dirinya dan secara optimal merencanakan masa depannya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya instrument dan alat ukur yang digunakan untuk mengidentifikasi masalah pada siswa. Selain itu bisa juga disebabkan karena kompetensi guru BK yang tidak sama, dimana kemampuan guru BK yang junior berbeda dengan kemampuan guru BK yang senior. Dan dengan metode yang berjalan saat ini, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk guru BK dalam mengidentifikasi masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sebuah sistem yang memiliki pengetahuan selayaknya seorang guru BK senior. Yang dapat menjadi rekan atau asisten untuk guru BK sehingga dapat mengidentifikasi masalah. Selain itu juga sistem diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pengumpulan data siswa. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu prototype dengan teknik yang digunakan yaitu melakukan observasi langsung dan wawancara. metode pendekatan sistem yang penulis pakai adalah Object Oriented Programing dengan pemodelan UML (Unified Modelling Language) yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram. Sedangkan implementasi dan perancangan program penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP 7 dengan framework CodeIgniter dan MySQL Server sebagai databasenya.