Sistem Informasi I’m Eto (Imah Miun Easy To Order) Berbasis Web Pada Imah Miun Bkr Bandung
Daftar Isi:
- Makanan adalah kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Bagi manusia untuk mendapatkan makanan bisa dengan cara memasak sendiri atau dengan cara membeli makanan yang sudah jadi melalui restoran-restoran atau rumah makan yang menyediakan banyak pilihan menu makanan yang akan diberikan kepada pelanggan. Permasalahan yang terjadi dalam proses pemesanan makanan pada Restoran Imah Miun Sunda & Seafood BKR Bandung adalah pihak restoran harus menyediakan banyak buku menu untuk diberikan kepada setiap pelanggan yang datang ke restoran dan akan melakukan pemesanan makanan. Terkadang pada buku menu yang telah diberikan, pelanggan tidak mendapatkan informasi rinci mengenai makanan yang tersedia seperti bahan yang digunakan, cara pemasakan dan informasi penting lainnya untuk pelanggan. Pada saat pelanggan telah selesai melakukan pemilihan makanan yang akan dipesan pelayan diharuskan menulis daftar pesanan pelanggan pada sebuah buku nota kecil, yang membutuhkan ketelian dalam penulisan sehingga tidak terjadinya kesalahan penulisan daftar pesanan pelanggan. Serta apabila pihak restoran memiliki pilihan makanan baru yang akan dimasukkan kedalam daftar menu, maka pihak restoran harus melakukan pembuatan ulang buku menu baru yang cukup menghabiskan uang dan waktu dalam pengerjaan masalah tersebut. Metodologi pendekatan yang ingin dibawa oleh Penulis dalam masalah ini yaitu pendekatan objek yang deduktif untuk menarik satu atau lebih kesimpulan yang akan dipaparkan berdasarkan premis yang diberikan. Untuk metode pengembangan sistem, penulis menggunakan model prototype sehingga saat diterapkan untuk kondisi yang beresiko tinggi dimana masalah-masalah tidak terstruktur dengan baik, terdapat flutuasi kebutuhan pemakai yang berubah dari waktu ke waktu atau yang tidak terduga, bila interaksi dengan pemakai menjadi syarat mutlak dan waktu yang tersedia sangat terbatas sehingga butuh penyelesaian yang segera. Dan alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah UML Diagram 2.5. Dengan Sistem Informasi I’M ETO (Imah Miun Easy To Order) ini Penulis berharap dapat membantu proses pemesanan makanan bisa menjadi lebih efektif dan efisien dalam pengerjaanya. Dengan Sistem Informasi I’M ETO pada Restoran Imah Miun Sunda & Seafood BKR Bandung diharapkan dapat memberikan inovasi, kontribusi dan terteknologi yang lebih baik dalam proses pemesanan makanan, produksi maupun proses pembayaran setelah diterapkannya sistem ini pada khususnya, serta mendapatkan keuntungan yang lebih pada umumnya dalam berbisnis ataupun berdagang.