Strategi Humas Dalam Pemberian Informasi Publik Rumah Sakit Khusus Ibu Dan Anak Kota Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Humas Pemberian Informasi Publik Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Kota Bandung Melalui Kegiatan “Sosialisasi Jaminan Kesehatan” Dalam Meningkatkan Citra Dikalangan Pasien BPJS Kesehatan)
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Humas Pemberian Informasi Publik Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kota Bandung melalui kegiatan “Sosialisasi Jaminan Kesehatan” dalam meningkatkan citra rumah sakit dengan ditetapkan 4 mikro penelitian, yaitu pengumpulan informasi, perencanaan, komunikasi dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian berjumlah 5 orang yang dipilih melalui Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui studi pustaka dan studi lapangan, wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dokumentasi, dan juga internet searching. Hasil penelitian yang didapatkan adalah proses Pengumpulan Informasi dimana terbagi dua yaitu dari pihak BPJS Kesehatan dan kebutuhan pasien. Proses Perencanaan yang dilakukan dengan mempersiapkan kegiatan dan menerapkan tujuan kegiatan. Proses Komunikasi dimana dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Proses Evaluasi saat Humas Pemberian Informasi Publik RSKIA secara rutin mengevaluasi kegiatan “Sosialisasi Jaminan Kesehatan”. Kesimpulan dari penelitian Strategi Humas Pemberian Informasi Publik di RSKIA kota Bandung melalui kegiatan “Sosialisasi Jaminan Kesehatan” dapat meningkatkan citra rumah sakit di mata masyarakat dengan berlangsung kegiatan. Saran dari peneliti adalah Humas RSKIA dapat mempertahankan kegiatan “Sosialisasi Jaminan Kesehatan” agar dapat selalu memberikan informasi-informasi yang sangat di butuhkan masyarakat apalagi masyarakat menengah kebawah dan dapat menambahkan media seperti pancra indra saat melakukan sosialisasi.