Pemanfaatan Media Instagram Pt. Pindad (Persero) Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Pemanfaatan Media Instagram Oleh Humas PT. Pindad (Persero) dalam Meningkatkan Citra Perusahaan di Kalangan Pengikutnya (Followers))

Main Author: Amani, Esmeralda Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Image eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/1/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/2/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/3/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_Surat%20Keterangan%20Publikasi.jpg
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/4/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/5/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/6/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/7/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_BAB%20I.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/8/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_BAB%20II.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/9/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_BAB%20III.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/10/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_BAB%20IV.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/11/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_BAB%20V.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/12/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/13/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_Artikel.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/14/UNIKOM_41815139_ESMERALDA%20NURUL%20AMANI_DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2342/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media instagram dalam upaya anti-hoax oleh @pt_pindad melihat dari tahap-tahap seperti dari tahap Share, Optimize dan Manage Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan studi deskriptif. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan studi pustaka (studi literatur, internet searching) dan studi lapangan (wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi). Teknik analisi data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian diperoleh bahwa pemanfaatan media instagram. Tahap share, merupakan tahap awal dalam konsep ini, @pt_pindad akan mencari tahu media sosial apa yang tepat untuk digunakan sesuai dengan karakterisik khalyak instagram sendiri menjadi media untuk menyebarkan informasi. Tahap optimaze, mengoptimalisasikan media sosial menggunakan filter hastag yang digunakan pada setiap konten yang dipost. Tahap manage dalam melakukan media monitoring hanya mengadalakan enggament, mereka tidak menggunakan alat pihak ketiga untuk media monitoring, berinteraksi real-time. Informasi yang di sebarkan merupakan konten yang bermanfaat. Upaya melakukan anti hoax pada pengrekrutan karyawan, kemudian mengedukasi followers. Kesimpulan @pt_pindad berupaya menggunakan media sosial instagram sebagai media utama mereka untuk melawan hoax, instagram memiliki keunggulan pada caption text, dan audiovisual untuk menarik perhatian, serta mempermudah postingan berada di explore instagram. Saran pengelolaan pesan yang disampaikan @pt_pindad juga perlu ditingkatkan, terutama dalam hal quick response, karena peneliti masih melihat ada beberapa komentar uamg tidak dibalas oleh admin @pt_pindad