Perancangan Persuasi Klub Trobos Basketball Academy Melalui Video Iklan
Daftar Isi:
- Trobos Basketball Academy adalah klub basket resmi yang berdomisili di wilayah Soreang Kabupaten Bandung, sejak dahulu klub ini menjadi sebuah patokan atau indeks olahraga basket di wilayah Soreang Kabupaten Bandung, Namun seiring berjalannya waktu, penurunan jumlah anggota terjadi setiap tahunnya, hal ini menyebabkan tidak adanya regenerasi yang meneruskan untuk mengelola klub tersebut, serta indeks prestasi pun ikut menurun. Penelitian ini bertujuan mengetahui penyebab mengapa terjadinya penurunan jumlah masyarakat yang bergabung kepada Trobos Basketball Academy. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan kuesioner, serta menggunakan metode analisis strengths, weaknesses, opportunities dan threats dan strategi 7P untuk memaparkan lebih data yang telah ada. Setelah melakukan pengumpulan dan pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan jumlah anggota yang masuk ke Trobos Basketball Academy disebabkan karena merasa minder dan menganggap klub sudah profesional, serta masyarakat merasa tidak akrab dengan anggota klub saat ini. Solusinya dilakukan sebuah perancangan media mengenai ajakan persuasif melalui kampanye komersial kepada masyarakat, media yang digunakan adalah media video iklan. Bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat, dengan begitu masyarakat dapat terinspirasi dan mau untuk bergabung dengan klub Trobos Basketball Academy.