Peningkatan Kualitan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Melalui Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Dan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah (Survei Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung)
Daftar Isi:
- Fenomena yagn terjadi yaitu adanya ketidaksiapan pemerintah daerah dalam menerapkan regulasi standar akuntansi pemerintahan dan kurangnya ketepatan waktu dalam menyampaikan informasi keuangan diikuti dengan kurangnya relevansi laporan keuangan pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh peningkatan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah melalui penerapan standar akuntansi pemerintahan dan sistem informasi akuntansi keuangan daerah pada Satuan Kerja Perangakat Daerah (SKPD) Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis verifikatif dengan pendekatan kualitatif. Unit analisis yang diteliti yaitu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 46 kuesioner pada 23 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Standar Akuntansi Pemerintahan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan bersifat positif serta sistem infromasi akuntansi keuangan daerah berpengaruh terhadap peningkatan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan bersifat positif.