Kesalahan Mahasiswa Dalam Penggunaan Fukugoukakujoshi「につれて」‘Ni Tsurete’ Dan「とともに」‘To Tomoni’ Pada Kalimat Bahasa Jepang

Main Author: Ghaisani, Nadin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/1/1.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_Cover.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/2/2.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_Lembar%20Pengesahan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/3/21.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_Surat%20Keterangan%20Persetujuan%20Publikasi.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/4/3.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_Lembar%20Pernyataan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/5/9.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_Daftar%20Isi.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/6/12.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_BAB%20I%20Pendahuluan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/7/13.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_BAB%20II%20Tinjauan%20Pustaka.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/8/14.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_%20BAB%20III%20METODE%20PENELITIAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/9/15.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_BAB%20IV%20Hasil%20dan%20Pembahasan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/10/16.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_%20BAB%20V%20Kesimpulan%20dan%20Saran.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/11/17.%20UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/12/UNIKOM_Nadin%20Ghaisani_Jurnal.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2161/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Fukugoukakujoshi ‘ni tsurete’ dan ‘to tomoni’ memiliki makna ‘seiring’ atau ’bersamaan dengan’ dalam bahasa Indonesia. Kesamaan makna menimbulkan kesulitan dalam memahami perbedaan penggunaan kedua fukugoukakujoshi tersebut. Analisis dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan pada hasil tes dan angket yang telah diberikan kepada 40 orang mahasiswa tingkat III Program Studi Sastra Jepang Universitas Komputer Indonesia tahun akademik 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan dalam penggunaan fukugoukakujoshi ‘ni tsurete’ dan ‘to tomoni’, penyebab kesalahan, serta solusi untuk mengurangi kesalahan tersebut. Jenis kesalahan yang dianalisis adalah kesalahan akibat faktor error dengan klasifikasi kesalahan berdasarkan tipe kesalahan seperti fuka, datsuraku, kondoo, ichi, dan gokeisei, serta berdasarkan penyebab kesalahan seperti overgeneralization, ignorance of rules restriction, dan incomplete application of rules. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini diketahui sebanyak 50,78% mahasiswa melakukan kesalahan dalam penggunaan fukugoukakujoshi ’ni tsurete’ dan 49,07% mahasiswa melakukan kesalahan dalam penggunaan fukugoukakujoshi ’to tomoni’ pada kalimat bahasa Jepang. Kesalahan yang terjadi dalam pengggunaan kedua fukugoukakujoshi tersebut disebabkan oleh faktor error karena lemahnya pemahamahan mahasiswa mengenai kedua fukugoukakujoshi tersebut.