Perancangan Kampanye Sosial Penyadaran Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Pada Remaja Putri Melalui Media Motion Graphic

Main Author: Afiyani, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/1/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_1.%20Cover.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/2/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_2.%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/3/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_17.%20Lembar%20persetujuan%20Publikasi.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/4/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_3.%20Lembar%20Pernyataan%20Orisinalitas.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/5/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_4.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/6/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_7.%20Daftar%20Isi.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/7/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_10.%20Bab%201%20Pendahuluan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/8/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_11.%20Bab%202%20Tinjauan%20Pustaka.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/9/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_12.%20Bab%203%20STRATEGI%20PERANCANGAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/10/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_13.%20Bab%204%20MEDIA%20DAN%20TEKNIS%20PRODUKSI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/11/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_14.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/12/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_JURNAL_S1.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/13/UNIKOM_Nurul%20Afiyani_18.%20Daftar%20Riwayat%20Hidup.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2117/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Body dysmorphic disorder bukan merupakan masalah yang langka, namun banyak remaja putri yang tidak menyadari masalah ini. Remaja putri seringkali menunjukkan ketidakpuasan terhadap dirinya yang berdampak pada rendahnya tingkat kepercayaan diri. Tujuan perancangan ini adalah mengubah mindset para remaja putri bahwa ukuran dan bentuk tubuh bukanlah hal segalanya, banyak hal lain yang dapat membuat seorang perempuan terlihat cantik, seperti perempuan yang cerdas, yang memiliki prestasi serta kemampuan dalam mengerjakan sesuatu. Perancangan ini melalui wawancara pada 10 remaja putri yang berusia 16-21 tahun di kota Bandung, Jawa Barat. Mengingat masalah ini sangat serius maka perancang mengangkat topik ini guna menyadarkan para remaja putri agar lebih mencintai bagaimanapun bentuk tubuhnya dan diharapkan dapat lebih menggali potensi pada dirinya, maka diperlukan kampanye sosial terkait masalah ini. Perancang memilih solusi membuat video motion graphic karena remaja milenial saat ini sangat aktif menggunakan media elektronik, internet dan sosial media, selain itu remaja lebih menyukai visual dibandingkan tulisan. Sehingga perancang membuat motion graphic di sosial media agar khalayak sasaran dapat melakukan saran-saran yang terdapat pada pesan di video pada kehidupan nyata.