Tinjauan Visual Iklan Tehbotol Sosro Versi Tawar “Simplicity” Melalui Metode Semiotika Roland Barthes

Main Author: Islamiati, Della Rizhty
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/1/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_1.%20Cover.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/2/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_2.%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/3/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_17.%20Surat%20Keterangan%20Persetujuan%20Publikasi.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/4/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_3.%20Lembar%20Pernyataan%20Orisinalitas.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/5/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_4.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/6/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_7.%20Daftar%20Isi%20Skripsi.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/7/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_11.%20BAB%201.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/8/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_12.%20BAB%20II.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/9/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_13.%20BAB%20III.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/10/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_14.%20BAB%20IV.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/11/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_15.%20BAB%20V.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/12/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_16.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/13/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_Jurnal.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/14/UNIKOM_Della%20Rizhty%20Islamiati_18.%20Daftar%20Riwayat%20Hidup.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2108/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Teh botol Sosro sejak meluncurkan iklan pertamanya hingga iklan terakhir yang dirilis pada 12 Juli 2019 selalu membuat varian iklan televisi sesuai dengan momentum yang sedang ada di Indonesia, konsep iklan bernuansa Nusantara Indonesia, kebersamaan, dan kekeluargaan. Namun berbeda dengan iklan Tehbotol Sosro Tawar yang memberikan kesan yang lebih modern, elegan dan lebih berkelas. Penelitian ini bertujuan mengungkap makna dari tingkatan tanda pada iklan Teh botol Sosro Tawar “Simplicity”. Metode yang digunakan adalah semiotika Roland Barthes, yaitu mengkaji makna berdasarkan tanda denotatif dan tanda konotatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah iklan mengandung makna yaitu Teh botol Sosro Tawar ingin memasuki masyarakat muda perkotaan yang memiliki banyak aktivitas dari pagi hingga malam hari namun tetap energik dan bersemangat. Masyarakat yang merasa dirinya berbeda dengan oranglain, orang-orang yang biasa dengan kehidupan malam untuk mencari hiburan.