Tinjauan Persepsi Visual Terhadap Warna Pada Kemasan Kopi Good Day Sachet Menggunakan Teori Thorndike
Daftar Isi:
- Kopi Good Day diproduksi oleh PT. Santos Jaya Abadi di Surabaya. Kopi Good Day menggunakan warna dan gaya tipografi yang berbeda untuk membedakan variannya. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa varian rasa Mocacinno yang memiliki warna merah merupakan varian rasa original, dan mengetahui varian tersebut dari warnanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respons masyarakat terhadap warna kemasan kopi Good Day sachet. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, analisa dan pembahasan data menggunakan pendekatan asosiasi Thorndike. Faktor yang menyebabkan perbedaan persepsi warna varian rasa adalah asosiasi yang rendah terhadap warna pada varian rasa kopi bubuk instan Good Day sachet yang jarang digunakan pada kemasan kopi bubuk instan sachet pada umumnya. Hasil dari penelitian ini adalah perhatian pada pemilihan warna varian rasa kopi bubuk instan Good Day sachet dipengaruhi oleh faktor eksternal (intensitas warna, kontras, dan warna baru), serta faktor internal (warna yang disukai, warna yang mirip dengan warna makanan yang disukai, dan rencana varian apa yang akan dibeli).