Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Online Sepatu S. Van Decka Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Online Sepatu S. Van Decka Bandung Melalui Marketplace)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan secara terperinci mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Online Sepatu S. Van Decka Bandung. Fokus masalah dalam penelitian ini dibagi peneliti kedalam sub-sub masalah mikro yaitu Tujuan, Penetapan Sasaran, Pesan, Media, Promotional Mix, dan Evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi deskriptif. Subjek penelitian adalah Karyawan S. Van Decka Bandung dan informan penelitian berjumlah 4 (empat) orang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui referensi buku, penelitian terdahulu, internet searching, observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan S. Van Decka Bandung yang tinjau dari Tujuan yang ingin dicapai S. Van Decka Bandung meningkatkan penjualan, ekspansi market mencari partner bisnis atau reseller dan juga menaikan branding perusahaan. Penetapan Sasaran sudah tepat karena menjadi suatu hal penting yang harus diperhitungkan secara tepat guna mencapai hasil dan tujuan yang diinginkan, sasaran yang dilakukan oleh S. Van Decka Bandung dapat dilihat dari segmentasi dan geografisnya yaitu konsumen-konsumen yang berada di kota-kota besar di Jawa Barat, untuk laki-laki usia 20-40 tahun dengan kelas ekonomi menengah ke bawah dan untuk psikografinya adalah mereka yang berjiwa muda yang menginginkan kenyamanan dan praktis dalam hidupnya. Pesan yang disebarkan oleh S. Van Decka merupakan penyampaian suatu pesan untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk S. Van Decka. Isi pesan yang disampaikan perusahaan mendapatkan perhatian, menarik minat, menimbulkan hasrat, dan mendorong tindakan konsumen. Pesan yang disampaikan melalui broadcast chat Tokopedia, feed Instagram dan banner melalui marketplace perusahaan. Media yang digunakan untuk membantu promosi pada produk sepatu tersebut adalah dengan penggunaan media online seperti melalui broadcast chat tokopedia, feed Instagram dan juga facebook. Promotional Mix yang dilakukan oleh S. Van Decka pada bidang Advertising, dan Personal Selling yang memudahkan perusahaan S. Van Decka agar dapat dikenal lebih luas lagi dimata masyarakat. Evaluasi yang dilakukan dengan cara meeting bulanan. Hal ini bertujuan untuk melihat bagaimana tingkat keberhasilan dan kegagalan yang dialami oleh S. Van Decka dalam melakukan Strategi Komunikasi Pemasaran.Simpulan dari penelitian ini yaitu Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Online Sepatu S. Van Decka Bandung sudah sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan, sehingga penjualan online yang dilakukan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dan konsumen yang membeli produk. Tahapan tersebut sesuai dengan strategi komunikasi pemasaran. Saran untuk S. Van Decka Bandung adalah dapat memaksimalkan public relation nya agar customer lebih aware terhadap produknya seperti mengikuti event dan mencoba memulai kembali offline store S. Van Decka agar memudahkan customer melihat langsung produk yang dipasarkan