Konsep Diri Alter Ego Di Media Sosial (Studi Fenomenologi Konsep Diri Pengguna Akun Alter Ego Memposting Foto Seksi di Twitter dalam Menunjukkan Identitasnya yang Berbeda di Kota Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisa tentang bagaimana Konsep Diri pemilik akun Alter yang memposting foto seksinya sebagai identitas yang berbeda di kota Bandung. Untuk menjawab penelitian tersebut di angkat tiga sub fokus yaitu komunikasi interpersonal, interaksi simbolik dan konsep diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi dengan informan utama sejumlah tiga orang menggunakan teknik puposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa selain konsep diri terbentuk dari dalam dirinya, konsep diri pemilik akun alter terbentuk karena interaksinya dengan orang lain. Significant Other dan Reference Group menjadi faktor yang mempengaruhi pengguna akun alter.Pemilik akun merasa memiliki identitas yang berbeda namun tidak bisa ia tunjukkan di lingkungannya dan ia tunjukkan melalui media sosial. Pemilik akun alter merasa bahwa identitas yang ia tunjukkan di media sosial memang berbeda dengan mereka di dunia nyatanya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu para pemilik akun alter memiliki hubungan yang tidak begitu baik dengan Significant Other nya dan menyebabkan ia masuk kedalam dunia alter. Reference Group dari pemilik akun inilah yang mengenalkan dunia alter pada informan. Para pengguna akun alter juga merasa bahwa tidak ada yang salah dalam menunjukkan sesuatu yang berbeda namun tidak bisa menilai bahwa apa yang mereka tunjukkan dapat merugikan dirinya. Saran untuk pemilik akun alter agar dapat lebih cerdas dalam menggunakan media sosial sebab apapun yang dilakukan ada akibat nya mau baik atau buruk Untuk para orang tua agar lebih memperhatikan anak mereka dalam menggunakan media sosial