Keunggulan Bersaing Sebagai Implikasi Dari Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Pada Ukm Kue Mochi Di Kota Sukabumi
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan keunggulan bersaing serta bermaksud mengetahui implikasi dari orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing baik secara parsial maupun simultan pada UKM Kue Mochi di Kota Sukabumi.Metode Penelitian ini yang digunakan yaitu,deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan data yang digunakan yaitu data primer yang diambil dengan menyebar kuisioner dan wawancara kepada pengusaha dan sekunder Observasi tidak langsung menggunakan data pelaku UKM Kue Mochi Di kota Sukabumi yang diambil dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi Metode penarikan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus terdiri dari 33 responden.Rancangan analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, koefisien korelasi, dan analisis koefisien determinasi, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa responden cukup berorientasi kewirausahaan dan cukup berinovasi produk serta merasa cukup unggul dalam bersaing. sedangkan analisa secara verifikatif menunjukan bahwa terdapat implikasi antara orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing baik secara parsial maupun simultan.