Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang sesuai dan disarankan pada kedai Laundry agar dapat mencapai keunggulan bersaing. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data mengunakan sistem wawancara, observasi, dan diskusi terfokus (Focus Discussion) antara peneliti, pemilik. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif, merupakan penelitian deskriptif yang bersifat menjelaskan, menggambarkan atau menuturkan dan menafsirkan data objek penelitian. Hasil dari mencari koordinat internal dan eksternal yaitu titik koordinat (0,005 : 0,37) maka strategi pengembangan bisnis kedai laundry termasuk ke dalam kuadran I dalam analisis SWOT karena memiliki sebuah situasi yang sangat menguntungkan yang terdiri dari peluang usaha yang besar serta adanya potensi dari perusahaan dalam mengambil peluang tersebut, oleh karena itu strageri pengembangan bisnis yang ideal berdasarkan analisis SWOT adalah EXPANSION (mendukung strategi ofensif).Perusahaan kedai laundry difakuskan kepada EXPANSION (mendukung strategi ofensif) karena kondisi perusahaan memiliki sebuah situasi yang sangat menguntungkan karena memiliki peluang usaha yang besar serta adanya pelanggan tetap yang merupakan nilai positif karena perusahaan sudah memiliki penghasilan tetap dari pelanggan tetap tersebut. Selain itu, kedai laundry juga dapat memaksimalkan besarnya peluang usaha dengan memaklunkan pekerjaan kepada laundry yang lebih kecil dengan perjanjian kerjasama.