Pengaruh Orlentasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Topi Rahayu Bandung
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada sentra topi Desa Rahayu Bandung. Populasi yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 47 responden. Menggunakan sampel sensus. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier, deskriftif dan verifikatif. Pada analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui orientasi pasar, inovasi produk, keunggulan bersaing. Alat analisis yang digunaan adalah analisis jalur, UjiF, UjiT dan koefisien determinasi yang di uji dengan asumsi klasik. Hasil menunjukan penelitian deskriptif variabel Orientasi Pasar memiliki kategori Cukup Baik, variabel Inovasi Produk memiliki kategori Cukup Baik, dan untuk variabel Keunggulan Bersaing kategori cukup baik. Sedangkan analisis verifikatif untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing.