Pengaruh Adopsi E-Commerce Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Usaha (Studi Kasus Pada Sentra Industri Percetakan Di Pasar Ulekan Pagarsih Bandung)
Daftar Isi:
- Perkembangan industri mengharuskan seorang wirausaha mampu memanfaatkan teknologi informasi yang ada dengan mengadopsi e-commerce dan harus memiliki kemampuan untuk melakukan orientasi pasar. Kurangnya pengetahuan seorang wirausaha dalam mengenal teknologi informasi baru dapat menghambat kinerja usahanya. Penelitianoini bertujuan untuk mengetahuiopengaruh adopsi e-commerce dan orientasi pasar terhadap kinerja usaha baik secara parsial maupunosimultan pada Sentra Industri Percetakan Di Pasar Ulekan Pagarsih Bandung. Metode penarikan sampeloyangodigunakanoadalahosamplingojenuhoatauosensus terdiri dari 78 responden.Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif yang terdiri dari analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, analisisokorelasi, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukan bahwa responden yang telah mengadopsi e-commerce sudah baik dan melakukan orientasi pasar yang baik juga serta tanggapan responden merasa baik namun perlu ditingkatkan lagi pada beberapa indikator dalam kinerja usaha mereka. Sedangkan analisa secara verifikatif menunjukan bahwa adopsi e-commerce secara oparsial berpengaruh positif terhadap kinerja usaha. Orientasi pasar secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja usaha. Dan adopsi e-commerce dan orientasi pasar secara simultan berpengaruh terhadap kinerjaousaha.