Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Desain Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Clothing Speedtuner Trunojoyo)

Main Author: Herlambang, Marisa Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/2/1.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/1/2.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/3/3.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_SURAT%20KETERANGAN%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/4/UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_LEMBAR%20KEASLIAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/5/6.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/6/7.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/7/11.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_BAB%20I.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/8/12.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_BAB%20II.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/9/13.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_BAB%20III.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/10/14.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_BAB%20IV.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/11/15.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_BAB%20V.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/12/16.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/13/20.UNIKOM_21215060_MARISA%20PUTRI%20HERLAMBANG_ARTIKEL.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1820/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Tingginya tingkat persaingan antar clothing/Distro yang ada di kota Bandung, menawarkan berbagai macam produk yang inovatif semakin mempertajam persaingan bisnis clothing/Distro. Sehingga pelaku usaha harus memiliki orientasi kewirausahaan dan melakukan inovasi desain pada produknya agar dapat unggul dalam bersaing. Kurangnya orientasi kewirausahaan dan Inovasi desain produk membuat konsumen bosan dan produk tidak berbeda dengan pesaing dan tidak merasa puas dengan variasi produk yang diberikan dan berpengaruh pada keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi desain produk terhadap keunggulan bersaing baik secara parsial ataupun simultan pada pelaku usaha Clothing Speedtuner Bandung. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus terdiri dari 32 responden. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif yang terdiri dari analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa pelaku usaha telah memiliki orientasi kewirausahaan sudah cukup baik dan sudah melakukan inovasi desain produk dengan cukup baik namun perlu ditingkatkan lagi agar dapat unggul dalam bersaing. Sedangkan analisa secara verifikatif menunjukan bahwa pengaruh orientasi kewirausahaan secara parsial berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Inovasi desain produk secara parsial berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Dan orientasi kewirausahaan dan inovasi desain produk secara simultan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing.