Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Boneka Warung Muncang Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden tentang Orientasi Pasar pada Sentra Boneka Warung Muncang Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden tentang Orientasi Kewirausahaan pada Sentra Boneka Warung Muncang Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden tentang Keunggulan Bersaing pada Sentra Boneka Warung Muncang Bandung, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing pada Sentra Boneka Warung Muncang Bandung baik secara simultan maupun parsial pada Sentra Boneka Warung Muncang Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dimana sampel yang digunakan sebanyak 35 responden dari 35 populasi kepada pelaku saha pada Sentra Boneka Warung Muncang Kota Bandung maka sampel ini disebut sampling jenuh atau sensus, Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan analisis deskriptif Variabel Orientasi Pasar memiliki kategori cukup baik, Variabel Orientasi Kewirausahaan dengan kategori cukup baik, dan untuk Variabel Keunggulan Bersaing dengan kategori cukup baik. Sedangkan Analisis secara verifikatif menunjukan bahwa Orientasi Pasar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, Orientasi Kewirausahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing serta Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing.