Daftar Isi:
  • Peran sebuah kantor desa dalam suatu wilayah merupakan hal yang penting dalam pelayanan masyarakat terutama yang berhubungan dengan administratif. Pelayanan administratif dalam kantor desa seringkali menimbulkan antrian yang panjang sehingga dapat mengurangi efektivitas staff kantor desa dalam melayani masyarakat desa. Sebuah sistem informasi pelayanan masyarakat merupakan solusi untuk mengurangi antrian yang menumpuk dalam kantor desa. Selain itu, dengan adanya sistem informasi dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi seputar kegiatan dan pengumuman yang ada dalam lingkungan Desa Tanimulya serta memudahkan masyarakat untuk melakukan pengaduan dan pelaporan mengenai hal yang ada dalam Desa Tanimulya. Penulis menggunakan metode pengamatan dan wawancara dalam mengumpulkan data dan menggunakan metode pendekatan berbasis objek menggunakan alat bantu UML dan prototipe sebagai metode pengembangan sistem. Dengan adanya Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan yang maksimal dari Kantor Desa Tanimulya dan membantu staff Kantor Desa Tanimulya untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.