Citra Perusahaan Tokopedia Pasca Pemberitaan “Flash Sale” Di Media Online “Detik.Com” (Studi Pada Pemberitaan Flash Sale Yang Ditampilkan Oleh Detik.Com)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program flash sale yang diselenggarakan oleh perusahaan Tokopedia.com dan menganalisis citra perusahaan Tokopedia.com pasca terjadinya isu kecurangan dalam program flash sale, maka untuk menjabarkannya peneliti membagi beberapa sub-sub masalah mikro yaitu pesan, kritik dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian Kualitatif dan pendekatan studi kasus. . Informan pada penelitian ini ada 3 orang dimana ketiganya adalah orang yang berhubungan langsung dengan topik permasalahan. Ketiga informan diperoleh melalui teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, wawancara, internet searching dan studi pustaka. Hasil dari wawancara dengan 3 orang informan memberikan penilaian citra perusahaan akibat dari pemberitaan kecurangan flashsale ialah memiliki citra tidak baik, kesimpulan tersebut didapatkan dari kaitan antara hail wawancara dengan teori Veljkovic (2011) dimana penilaian responden ialah tidak baik terhadap citra perusahaan dari aspek produk, hubungan (people and relationship), program dan manfaat serta kredibilitas perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penting memperhatikan hal-hal dengan sangat teliti, karena sedikit kesalahan saja dapat mempengaruhi kredibilitas perusahaan bahkan membuat pengguna kabur karena merasa kapok dan beralih kepada perusahaan lainnya yang menjadi saingan. Membuat pengguna merasa aman dan nyaman adalah sebuah tantangan bagi perusahaan Saran dari peneliti untuk perusahaan adalah supaya lebih berhati-hati dalam melaksanakan program apapun apalagi dengan program flashsale yang jangka waktunya singkat dan menjadi bahan perhatian.