Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Customer Service Kantor Imigrasi Kelas I Bandung Terhadap Kepuasan Informasi Pemohon Paspor Online dengan cara menganalisa kepercayaan diri, kebersatuan, manajemen interaksi, dan daya ekspresi terhadap persepsi dan harapan informasi pemohon paspor online. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik analisa deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, studi literatur, dan internet searching. Populasi dalam penelitian ini adalah pemohon paspor online Kantor Imigrasi Kelas I Bandung. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling yang kemudian diperoleh jumlah sampel sebesar 85 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan diri, kebersatuan, manajemen interaksi, daya ekspresi terhadap kepuasan, dan ada pengaruh positif dan signifikan antara efektivitas komunikasi antarpribadi terhadap persepsi dan harapan informasi pemohon paspor online. Kesimpulan penelitian pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang kuat, searah dan signifikan antara efektivitas komunikasi antarpribadi Customer Service Kantor Imigrasi Kelas I Bandung terhadap kepuasan informasi Pemohon Paspor Online. Saran penelitian mempertahankan cara berkomunikasi antarpribadi yang baik dan efektif dalam melayani pemohon paspor online.