Strategi Komunikasi Divisi Program Di Earth Hour Bandung (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Divisi Program Di Earth Hour Bandung Dalam Memberikan Informasi Hemat Energi Kepada Masyarakat Kota Bandung)

Main Author: Suherlin, Megawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/1570/1/1.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/2/3.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/3/17.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_SURAT%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/4/4.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/5/7.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/6/8.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/7/9.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_BAB%20I.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/8/10.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_BAB%20II.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/9/11.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_BAB%20III.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/10/12.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_BAB%20IV.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/11/13.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_BAB%20V.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/12/14.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/13/18.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_JURNAL.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/14/16.%20UNIKOM_41815235_MEGAWATI%20SUHERLIN_DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1570/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dimaksud agar mengetahui serta menguraikan secara lebih jelas dan mendalam mengenai Strategi Komunikasi Divisi Program Di Earth Hour Bandung Dalam Menyampaikan Informasi Hemat Energi Kepada Masyarakat Kota Bandung. Agar dapat menjawab fokus penelitian maka ditetapkan empat sub fokus yaitu Tujuan, Manajemen Komunikasi, Pesan, dan Media. Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu Wawancara mendalam, observasi non partisipan, dokumentasi, serta studi pustaka. Informan penelitian dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Teknik analisa data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, diskusi teman sejawat, dan membercheck. Hasil penelitian menunjukka jika Divisi Program di Earth Hour Bandung melakukan Tujuan dalam kegiatan Bandung Semalam yaitu pemberian informasi energi secara umum untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menghemat energi dan mengajak masyarakat agar bijak dalam penggunaan energi. Manajemen Komunikasi dilakukan dimulai dari perencanaan, pengendalian, dan manajemen budgeting ketika Bandung Semalam akan dilaksanakan agar proses strategi komunikasi berjalan sistematis. Pesan yang disampaikan bersifat informatif dan persuasif. Earth Hour Bandung juga mempunyai strategi penyampaian khusus yaitu melalui Duta Earth Hour agar informasinya dapat tersampaikan secara luas. Media yang digunakan berupa media sosial (instagram, twitter, facebook, youtube, website) karena paling mudah dan efisien sehingga membantu berjalannya strategi komunikasi Divisi Program di Earth Hour Bandung. Kesimpulan penelitian Strategi Komunikasi yang dilakukan Divisi Program Earth Hour Bandung merupakan perpaduan implementasi dari tujuan, manajemen komunikasi, pesan, dan media agar dapat memenuhi kebutuhan informasi hemat energi dan mengurangi ketidakpastian informasi tersebut. Saran penelitian adalah agar Divisi Program dapat meningkatkan konsep kegiatan seperti membuat games berhadiah dan konsisten dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang direncanakan