Audit Komunikasi Dalam Mensosialisasikan Program Bpjs Kepada Pasien Di Rskia Kota Bandung
Daftar Isi:
- Maksud penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Audit Komunikasi Dalam Mensosialisasikan Program BPJS Kepada Pasien di RSKIA Kota Bandung. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan studi deskriptif. Informan dalam penelitian ini dipilih memakai teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, internet searching. Uji keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, diskusi dengan teman sejawat dan membercheck. Hasil dari penelitian ini audit komunikasi bagian pelayanan dan pengaduan di RSKIA Kota Bandung yang dilihat pada saat proses sosialisasi, meskipun diadakan di dua tempat yang berbeda namun belum cukup efektif, Pemahaman pasien setelah diadakannya penyuluhan cukup memahami. Setelah diadakannya sosialisasi selanjutnya dilakukan evaluasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah audit komunikasi dilihat setelah dilakukannya sosialisasi dari pemahaman pasien lalu bagian pelayanan dan pengaduan melakukan evaluasi agar sosialisasi yang dilakuakan dapat berjalan dengan baik. Saran bagi Bagian Pelayanan dan Pengaduan untuk media yang digunakan sebaiknya dikembangkan lagi sehingga saat dilakukannya sosialisasi pasien bisa lebih memahami lagi tentang BPJS