Gaya Komunikasi Kepala Sekolah Sd Negeri Cangkuang 18 Kabupaten Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Gaya Komunikasi Kepala Sekolah Sd Negeri Cangkuang 18 Kabupaten Bandung Dalam Memberikan Motivasi Kerja Kepada Guru Honorernya)
Daftar Isi:
- Maksud Penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan gaya komunikasi kepala sekolah dalam memberikan motivasi kerja kepada guru honorer di SD Negeri Cangkuang 18 Kabupaten Bandung. Adapun sub fokus yang digunakan adalah kondisi fisik, peran, bahasa, hubungan dan kendala. Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling, sehingga diperoleh 1 (satu) informan kunci dan 6 (enam) informan pendukung. Data penelitian diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka, dan internet searching. Adapun analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Kondisi Fisik kepala sekolah dalam memberikan motivasi kerja kepada guru honorernya tidak memberikan dampak negatif pada proses komunikasi. Peran kepala sekolah dalam memberikan motivasi kerja kepada guru honorernya memiliki peran yang multifungsi, dapat berperan sebagai pemimpin, rekan kerja, teman, dan peran sebagai orang tua sendiri. Bahasa yang digunakan kepala sekolah dalam memberikan motivasi kerja kepada guru honorernya adalah bahasa Indonesia dan bahasa sunda. Hubungan kepala sekolah dengan guru honorer sangat harmonis. Kendala kepala sekolah dalam memberikan motivasi kerja kepada guru honorernya terkait dengan pendelegasian atau memberikan tugas mendadak tanpa petunjuk. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa gaya komunikasi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam memberikan motivasi kerja kepada guru honorernya adalah gaya equalitarian style, serta memiliki gaya terbuka, santai, animasi, dan bersahabat.