Identifikasi Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Unikom Tentang Pengoperasian Ojek Online Dengan Karaterstik Penggunaan Dan Karateristik Sosio Demografi
Daftar Isi:
- Ojek online merupakan salah satu moda yang diciptakan dengan tujuan memadukan teknologi dengan transportasi yang dimana hasilnya dengan terciptanya ojek online ini dapat dengan mudah menghubungkan antara konsumen dengan driver tentunya dengan memanfaatkan teknologi smarthphone. Untuk saat ini sudah beberapa layana ojek online di Indonesia, yakni Gojek, Grab, Uber sebuah aplikasi yang berbasis data yang dapat dengan mudah diunduh di google play store dengan begitu seseorang yang membutuhkan jasa mobilitas akan dengan mudah mendapatkan transportasinya. Ojek online tidak memiliki regulasi hukum resmi dari pemerintah yang mengatur mengenai angkutan berbasis aplikasi tersebut. Faktanya, kendaraan bermotor roda dua memang belum memiliki izin resmi dari pemerintah untuk dijadikan sebagai salah satu angkutan umum. Sesuai dengan pasal 10 Undang - undang No. 22 Tahun 2009 tentang angkutan jalan yaitu “ kendaraan bermotor umum adalah setiap kendaraan yang digunakan untuk angkutan barang dan/atau orang dengan dipungut bayaran”. Sedangkan kendaraan yang dimaksud pada ayat tersebut menurut Pasal 39 ayat 3b Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia No. 5 Tahun 2012 menyatakan bahwa “ tanda kendaraan bermotor umum adalah dasar kuning, tulisan hitam “.Namun, dibalik berbagai permasalahan yang ada nampaknya masyarakat merasa acuh dan tetap saja menggunakan jasa ojek online tersebut karena memang jasa angkutan merupakan kebutuhan yang vital bagi mendukung aktivitas masyarakat dalam melakukan sebuah pergerakan khususnya bagi Mahasiswa. Ojek online menjadi salah satu moda yang menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk beraktivitas tak terkecuali mahasiswa Unikom. Mahasiswa unikom dalam aktivitas nya dilihat sering menggunakan ojek online terlihat jika banyaknya ojek online di sekitaran kampus Unikom. Hal tersebut yang membuat si peneliti tertarik untuk membahas ojek online bedasarkan karateristik, tingkat penggunaan, dan persepsi mahasiswa Unikom yang mengunakan ojek online sebagai moda angkutan pilihanya.