Perancangan Sistem Kendali Lampu Lalu Lintas Pada Dua Persimpangan Menggunakan Fuzzy Inference System

Main Author: Avianto, M Irfan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Image eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/1359/1/1.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_Cover.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/2/2.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_Lembar%20Pengesahan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/3/20.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_Surat%20Publikasi.jpg
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/4/3.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_Lembar%20Pernyataan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/5/6.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_Kata%20Pengantar.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/6/7.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_Daftar%20Isi.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/7/10.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_BAB%20I%20Pendahuluan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/8/11.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_BAB%20II%20Teori%20Penunjang.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/9/12.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_BAB%20III%20Perancangan%20Sistem.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/10/13.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_BAB%20IV%20Pengujian%20dan%20Analisa.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/11/14.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_BAB%20V%20Kesimpulan%20dan%20Saran.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/12/15.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_Daftar%20Pustaka.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/13/18.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_Jurnal.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/14/21.%20UNIKOM_M%20Irfan%20Avianto_Biodata.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1359/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan maksud merancang alat pengendali sistem lampu lalu lintas layaknya seorang polisi mengatur lalu lintas. Dengan mempertimbangkan kepadatan di setiap jalur dan lama waktu tunggu, sistem menentukan apakah sinyal hijau dialihkan ke jalur lain atau tetap di jalur hijau saat ini. Pengolahan data kepadatan dan waktu tunggu dilakukan menggunakan logika fuzzy. Tujuan yang hendak dicapai dengan rancangan alat ini adalah waktu tunggu dan jumlah antrean kendaraan yang lebih ringkas dibanding sistem kendali lampu lalu lintas saat ini. Kedua parameter tersebut menjadi acuan keberhasilan sistem ini. Setelah dilakukan simulasi dan analisa dengan debit kendaraan antara 1800 hingga 2300 mobil/jam, diperoleh hasil bahwa sistem kendali lampu lalu lintas menggunakan logika fuzzy lebih baik dibandingan dengan sistem pewaktuan statis. Waktu tunggu rata-rata yang dihasilkan logika fuzzy dapat >15 detik lebih cepat dibandingkan dengan pewaktuan statis. Tak hanya waktu tunggu, jumlah kendaraan yang mengantre juga dapat diminimalisir.