Pengaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Pemilik Distro Pakaian Di Plaza Parahyangan Bandung
Daftar Isi:
- Salah satu masalah terbesar yang melanda Indonesia adalah masih besarnya tingkat pengangguran dimana menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, bahwa telah terjadi kenaikan jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 10.000 orang pada bulan Agustus 2017. Maka dari ini memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha adalah solusi untuk mengurangi angka pengangguran yang akan berdampak pada berkurangnya jumlah kemiskinan, selain dapat menciptakan lapangan kerja sendiri juga dapat membantu orang lain. Penelitian ini menggunakan metode deskiptif dan verifikatif. Unit dari analisis dalam penelitian ini adalah pemilik distro pakaian di Plaza Parahyangan, Bandung. dengan populasi 204 pemilik distro dengan 70 sampel. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Pengujian penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, analisis korelasi pearson product moment, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji F dan uji T. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif untuk variabel efikasi diri berada dalam kategori cukup baik, variabel motivasi usaha termasuk dalam kategori kurang baik, dan variable keberhasilan usaha berada dalam kategori cukup baik. Uji analisis korelasi menunjukkan efikasi diri dan motivasi usaha memiliki hubungan yang sedang dengan arah positif menuju keberhasilan usaha baik secara parsial maupun simultan. Hasil dari pengujian hipotesis menyatakan bahwa efikasi diri dan motivasi usaha berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha, baik secara parsial maupun simultan.