Loyalitas Pelanggan Yang Dibangun Dari Adanya Customer Bonding Dan Penetapan Harga (Studi Kasus Pada Coffee Shop Payung Seduh Bandung)
Daftar Isi:
- Banyaknya coffee shop di Bandung membuat bisnis persaingan semakin ketat. Coffee shop Payung Seduh Bandung adalah salah satu yang harus diwaspadai. Pemilik bisnis di Coffee shop Payung Seduh harus mengambil sikap untuk mengantisipasi masalah ini agar tetap kompetitif. Faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen adalah customer bonding dan penetapan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Customer bonding dan penetapan harga pada loyalitas konsumen di Indonesia secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Unit dari Analisis dalam penelitian ini adalah pelanggan coffee shop Payung Seduh Bandung dengan populasi 2094 pelanggan dengan 95 sampel. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, korelasi analisis, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif untuk variabel customer bonding berada dalam kategori cukup baik, yaitu variabel penetapan harga termasuk dalam kategori cukup baik, dan variabel loyalitas berada dalam kategori cukup baik. Uji analisis korelasi menunjukkan customer bonding dan penetapan harga memiliki hubungan yang kuat dengan arah positif menuju daya saing baik secara parsial maupun simultan. Hasil dari pengujian hipotesis menyatakan bahwa customer bonding dan penetapan harga telah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, baik secara parsial maupun simultan. Akibatnya, customer bonding yang lebih tinggi dan penetapan harga, loyalitas pelanggan coffee shop Payung Seduh menjadi lebih tinggi.