Daftar Isi:
  • Klinik Utama Rosmaria Bandung merupakan salah satu lembaga kesehatan swasta. Klinik Utama Rosmaria Bandung sangat membutuhkan penerapan teknologi informasi sebagai sarana pendukung untuk mengelola kegiatan pelayanan kesehatan berupa sistem informasi pelayanan kesehatan yang terkomputerisasi. Permasalahan yang terjadi pada klinik utama rosmaria adalah sistem pendaftaran pasien, rekam medis, pengambilan obat dan pengadaan obat, masih menggunakan proses manual, dimana pada proses ini dilakukan dengan cara pencatatan pada sebuah lembar dokumen pada setiap proses. Sehingga proses pelayanan membutuhkan waktu yang relative lama.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa, merancang, menguji, dan mengimplementasi sistem informasi pelayanan kesehatan pada Klinik Utama Rosmaria Bandung. Untuk metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif, lalu untuk metode pendekatan sistemnya yang penulis gunakan yaitu dengan menggunakan metode pendekatan terstruktur, dan metode pengembangan sistem yang digunakan oleh penulis yaitu dengan menggunakan metode pengembangan prototype dengan menggunakan bahasa pemograman java. Sedangkan software tools yang penulis gunakan yaitu Flowmap, Dfd, Erd dll. Neatbeans IDE 8.0.1 dan MySql sebagai basis datanya.Dengan adanya sistem informasi yang penulis bangun ini diharapkan dapat membantu dalam mengelola kegiatan pelayanan kesehatan klinik tersebut. Sehingga semua kegiatan pelayanan kesehatan tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.