Media Pembelajaran Pengenalan Aksara Besemah Pada Anak Sd Di Kota Pagaralam Berbasis Android (Studi Kasus Sd N 55)

Main Author: Setiawati, Desi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/1199/1/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/2/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/3/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_SURAT%20KETERANGAN%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/4/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_SURAT%20KETERANGAN%20ORISINALITAS.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/5/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/6/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_DAFTAR%20%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/7/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_BAB%201.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/8/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_BAB%202.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/9/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_BAB%203.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/10/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_BAB%204.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/11/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_BAB%205.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/12/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/13/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_JURNAL%20DALAM%20BAHASA%20INDONESIA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/14/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_JURNAL%20DALAM%20BAHASA%20INGGRIS.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/15/UNIKOM_DESI%20SETIAWATI_BIODATA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1199/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 55 Kota Pagaralam yaitu membangun media pembelajaran aksara besemah bagi siswa kelas V sebagai media bantu dalam pembelajaran aksara besemah dengan media pengenalan huruf aksara yang bertujuan untuk menyediakan media pendukung bagi guru untuk menjelaskan tentang materi aksara besemah serta untuk menyediakan media pembelajaran bagi murid untuk membantu mempelajari materi aksara besemah saat berada dilingkungan luar sekolah. Metodologi penelitian yang dilakukan terdiri dari 3 (tiga) tahap yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data (wawancara, observasi, dan kajian pustaka), analisis data, pembangunan perangkat lunak menggukan metode Multimedia Development Life Cycle Luther Sutopo, dan juga pengujian aplikasi. Aplikasi berisi materi aksara besemah dan juga game yang dapat membantu murid dalam belajar. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi yang telah dibangun, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan aksara besemah ini dapat menjadi media pendukung guru dalam menyampaikan materi aksara besemah, selain itu aplikasi ini juga membantu murid mempelajari aksara besemah saat berada di luar lingkungan sekolah, sehingga murid dapat mengingat materi aksara besemah yang disampaikan di sekolah.